KWT Sriwijaya Pasir Jaya Juara 1 Lomba BEJO

Bogor Kota – Sorottipikor.com | Desember 16 / 20 Kelompok Wanita Tani Sriwijaya Kelurahan PasirJaya kecamatan Bogor Barat Kota Bigor pemenang Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah tahun 2019 – 2020. Dari kerja keras dan kekompakan ibu-ibu KWT ini patut kita Beri acungan jempol, selain kesibukannya sebagai ibu rumah tangga sapat bekerja sama dalam kelompok untuk memanfaatkan pekarangan menjadi sumber ekonomi bagi kelompok dan keluarganya. Perjuangan dan hasil kelompok tersebut terbayar sudah menjadikan nya Sriwijaya Juara 1.

Ketua KWT Sriwijaya Ibu Situ A’isah menuturkan , ” Kegiatan kami disini semingu satu kali kegiatan di lakukan setiap hari rabu, anggota kami berjumlah 40 orang sedangkan yang akti hanya 20 orang. Dalam kegiatan ini kami dan kelompok melakukan cocok tanam sayur-sayuran, penyemaian. kami dalam cocok tanaman yang kita tanam yang cepat menghasilkan seperti kangkung satu bulan sekali kita panen , tanam pakcoy , secim dan terong.” Tutur A’ isah

Dalam pemodalan di sesuaikan dengan luas lahan ,” Lanjutnya ” lahan kita nota ben adalah pekarangan modal yang kami keluarkan minimal 100 sd 200 ribu rupiah penghasilannya bisa mencapai 300 sd 400 ribu rupiah, selain sayuran KWT juga sudah bisa menjual jahe merah berupa rimpang nya bisa di jual kiloan dan bisa juga pembibitan 1 polibek kita jual 15 ribu rupiah dari hasil penjualan di masukan ke kas KWT untuk kembali peoduksi dan sebagiannya lagi ibu-ibu KWT bisa berkumpul ada konsumsi ada studi banding dari hasil hasil itu dan ibu-ibu KWT sudah menerapkan mulai menambah kas dan menabung untuk dirinya sendiri. KWT ini anggarannya baru di bantu dari dinas Ketahan Pangan dan Pertanian melalui program RPL dari tahun 2017sd 2019 sudah berahir dan sudah kembali menjadi swadaya , sampai saat ini belum ada yang membantu. Kalau dari kelurahan sampai sekarang tidak ada kami tetap mandiri sampai sekarang, kami disini menggunakan dari hasil dari panen kita beli bibit hasilnya masukan ke kas dan kita beli lagi dari hasil panen tersebut. Alhamdulillah kemarin itu pasir jaya paling banyak se Bogor Barat panen sebanyak 25 Kg. Semoga KWT ini ada yang memperhatikan dan tetap maju karena sipat nya baik untuk penghijauan dan dapat menghasilkan. ” Pungkas Ibu A’isah.(iwn/arf)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *