Predikat Ke ll Lomba Make Up Karakter Nasional diraih Oleh Mojang Karang Anyar dan Predikat Pertama di Usung DISBUDPAR

Bogor, –Sorottipikor.com l Serangkaian lomba tingkat nasional diselenggarakan oleh Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Paguyuban Mojang dan Jajaka Kabupaten Bogor.

Kali ini lomba yang diselenggarakan adalah Lomba Make Up Karakter Tingkat Nasional. Make up merupakan bidang kreatif yang sedang digandrungi kawula muda. Penyelenggaraan Lomba Make up tidak hanya sekedar hobi namun dapat menjadi sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus promosi pariwisata Kabupaten Bogor, tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Muliadi, S. Sos.

Tema-tema pariwisata Kabupaten Bogor hadir dalam bentuk tata rias karakter dari para peserta yang berasal hampir dari seluruh Indonesia.

Seperti Halnya yang ditampilkan Peserta yang Mendapatkan Predikat Juara Ke ll dalam Lomba Ini Veranita Yulia Manuri, Karang Anyar, Jawa Tengah. Dengan Tema make up “Sejuta Pesona Kabupaten Bogor” Senin (21/9/2020)

Saat Di Konfirmasi Oleh Awak Media Melalui Tlp Genggamnya Penyandang Predikat ke ll ini dalam Lomba Mike Up Karakter Tingkat Nasional Mengatakat,

” Makeup kali ini, betul betul challenging banget buat aku. Karena menggambarkan pesona budaya dan wisata di Kabupaten Bogor dengan media makeup karakter. Walau aku baru beberapa kali ke Kabupaten Bogor, namun betul betul membawa kesan yang mendalam. Banyak memori dan kenangan di sana”, Tutur Vera.

” Jadi makeup dan head piece ku ini memiliki beberapa arti,

Pada head piece tedapat simbol Gunung Salak, yg memiliki 3 puncak, yaitu Puncak Salak I, Salak II dan Puncak Sumbul,

Pinus kering menggambarkan banyaknya wisata hutan pinus di Kab. Bogor, Art air terjun/ curug menggambarkan banyaknya wisata curug/air terjun di Kab. Bogor,

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta/ Pura Jagatkarta. Pura agama Hindu yang terbesar di Pulau Jawa. Terdapat di kaki Gunung Salak, Kab. Bogor.

Macan Putih, adalah legenda yang terkenal bagi masyarakat Kab. Bogor. Yaitu legenda Prabu Siliwangi dan para prajuritnya yang menghilang (moksa) dan berubah wujud menjadi macan di Gunung Salak.

Tanduk rusa menggambarkan tempat wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya di Kab. Bogor.

Kupu-Kupu menggambarkan tempat agrowisata Kab. Bogor Taman Kupu-Kupu Sinar Wangi Park Land.

Batik khas Kab. Bogor di wajah adalah motif Leuit, Kujang, Manggis. Motif tersebut memiliki makna Masyarakat Kampung Urug Kab. Bogor dalam arsitektur leuit (lumbung padi). Kujang, simbol bagi masyarakat Sunda (Kab.Bogor) dan manggis adalah salah satu komoditas pertanian di Kab. Bogor. Motif batik di tangan adalah motif Daun Talas, Daun Teh, dan Bunga Teratai. Menggambarkan hasil komoditas pertanian di Kab. Bogor.

Awan di bibir menggambarkan iklim Kab. Bogor yang sering hujan dan merupakan dataran tinggi.

Kujang di jari2 menggambarkan senjata dan menjadi simbol Kab. Bogor.

Logo Kab. Bogor tak lupa disematkan di tangan kanan. Dan warna dari logo Kab. Bogor juga tergambar pada warna eyeshadow di mata, didominasi warna kuning dan hijau.

Sebetulnya masih banyak wisata dan budaya di Kab. Bogor, sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia yang memiliki sejuta pesona, ” Ungkap Vera Kepada Awak Media.

Pada Saat Awak Media bertanya , apa yang menjadi Motivasi ikut serta Dalam Perlombaan Make Up Tema Sejuta Pesona Kabupaten Bogor, Vera Mengatakan.

” Motivasi untuk ikut lomba makeup karakter karena untuk pengalaman, apalagi tingkat nasional. Untuk mengasah kemampuan makeup karakter juga, dengan adanya tema mengenai pesona budaya dan wisata kab. Bogor, maka saya mencoba men challenge diri sendiri untuk bisa merepresentasikan wisata dan budaya dalam bentuk makeup. Dan juga untuk Tambahan Profil”, Pungkasnya .

Berikut ini urutan pemenang Lomba Make Up Kreatif Tingkat Nasional : 1. Ahmad Dhaniel Mochtar, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tema make up “Taman Buah Mekarsari” 2. Veranita Yulia Manuri, Karang Anyar, Jawa Tengah. Tema make up “Sejuta Pesona Kabupaten Bogor” 3. Muhammad Syarif Hidayatullah, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tema make up “Safari Tour” 4. Rendi Bastiar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tema make up “Taman Kupu-kupu Sinar Wangi” 5. M. Abil Albany Pasya, Kota Malang, Jawa Timur. Tema make up “Tegar Beriman Knight” 6. Endang Kusturinawati Mukani, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tema make up “Pesona Curug Ciherang” 7. Rizky Dwi Aryani, Kota Bandung, Jawa Barat. Tema make up “Taman Safari Bogor” 8. Kholid Mahuri, Banyuwangi, Jawa Timur. Tema make up “Rusa Cariu” 9. Wahyu Agung Suwito, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tema make up “Kebun Durian Warso” (W. Kurniawan)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.