P. Lukman Zulkaedin Dinobatan Menjadi Sultan Sepuh VX Kasepuhan Cirebon

Cirebon,– sorottipikor.com | Kerajaan Cirebon Jawa barat yakni Keraton kasepuhan yang sampai saat ini sudah memiliki Sultan sepuh Ke 14 dengan wafatnya Sultan sepuh tampuk kepimpinan diteruskan dengan menobatkan putranya menjadikan Sultan sepuh Ke VX.

Penobatan Sultan sepuh ke VX Cirebon dimulai Minggu 30/08/2020, pkl13.27.00 wib hadir dalam acara penobatan Raja – Raja dari kerajaan se-nusantara, Walikota, Bupati Cirebon serta Gubernur Jawa barat, para bangsawan, Kiyai, masyarakat serta Alim ulama, tepat pada ke 40 hari tahlilan wafatnya Sultan sepuh ke 14 P.Arif Nata Diningrat. P.lukman zulhaedin di nobatkan sebagai Sultan sepuh ke VX Cirebon .

Sultan sepuh ke VX, P. Lukman Zulhaedir SH dalam acara penobatanya menerima keris Sunan Gunung Jati dan mengingatkan kembali jasa ayahnya yang mana sudah menjalankan tugas nya menjadi Sultan sepuh ke 14 dan berkiprah menjadi wakil masyarakat serta memelihara Keraton jugan menjalankan amanat Sunan Gunung Jati.

Lebih lanjut P.lukman Zulhaedir mengungkapkan dirinya pun sudah mendapatkan faspor nasab ,buku nasab ini ditulis oleh peneliti nasab internasional , dalam faspor dirinya dari Sultan ke 14 meneruskan sampai ia di nobatkan menjadi Sultan ke VX Cirebon merupakan keturunan Sunan Gunung Jati.

Dalam acara penobatan Sultan Cirebon P.lukman Zulkaedin memang ada sempat kericuhan didalam keraton namun hal itu dapat di atasi oleh keamanan keraton selebihnya acara berjalan lancar ,peranan keraton saat ini merupakan lembaga adat yang di pimpin dengan turun – temurun.(Suripto).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *