Komisi l DPRD Jawa Barat Kunjungi Bupati Bogor Bahas Persiapan DOB Kabupaten Bogor Barat

KAB BOGOR,–Sorottipikor.com | Panitia khusus (Pansus) rencana pembentukan persiapan daerah otonomi baru (DOB) anggota komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Bogor.

Pada kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Bogor Barat, anggota komisi I DPRD Jawa Barat turut membahas mengenai persiapan DOB Kabupaten Bogor Barat.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Sadar Muslihat mengatakan, pada kunjungannya ke Kabupaten Bogor merupakan salah satu tujuan dalam persiapan DOB Kabupaten Bogor Barat, yang mana semua persyaratan sudah memenuhi untuk dicabut moratoriumnya oleh Pemerintah Pusat.

Ia menjelaskan, kunjungannya ke Kabupaten Bogor merupakan yang kesekian kalinya dalam persiapan DOB. Karena semua persyaratan sudah memenuhi dengan Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Garut Selatan.

Ia memparkan, bahwa kedatangannya ke Kabupaten Bogor sesuai dengan penyampaian nota kesepakatan persiapan DOB. Dan DPRD Jabar sendiri merupakan pendorong dalam rangka memperdalam persiapan disemua sisi.

“Kami datang ke sini sudah mendapatkan masukan banyak, bahwa Kabupaten Bogor Barat ini bukan lagi keinginan, akan tetapi kebutuhan. Apalagi jumlah penduduk dan potensi ekonominya sangat menjamin dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” katanya Rabu (26/8/2020) .

Apalagi kata politisi PKS ini, Kabupaten Bogor Barat sejatinya sudah harus dicabut moratorium oleh Pemerintah Pusat, mengingat jumlah penduduk yang banyak dan penyerapan anggaran pemerintah juga supaya terkordinir dengan baik.

Namun, ada beberapa catatan menurutnya yang memang bisa dibicarakan dengan gamblang oleh internal dari Kabupaten Bogor sendiri. Seperti, letak ibukota Kabupaten Bogor Barat.

“Semoga Pemerintah Pusat bisa mendengar kebutuhan yang saat ini di Jawa Barat tersendiri. Semoga ada kebijakan yang jelas,” tukasnya.

Ditempat yang sama Bupati Bogor, Ade Yasin menuturkan, ada beberapa catatan dalam pembahasan persiapan DOB Kabupaten Bogor Barat. Seperti ibukota yang memang masih harus dirumuskan oleh tim independen.

Karena kata Politisi PPP, Kecamatan Cigudeg walaupun sudah dikaji menjadi ibukota Bogor Barat tetapi masih banyak catatan, seperti pada awal tahun 2020 terjadi bencana yang menyebabkan puluhan rumah rusak parah tergerus banjir.

“Saya menilai Kecamatan Rumpin ini strategis dibandingkan Kecamatan Cigudeg, melihat dari sisi letak wilayah yang memang datar dan dekat dengan kota Tengerang,” katanya.

Tentu kata wanita yang mempunyai dua anak ini, jika memang Rumpin menjadi ibukota Kabupaten Bogor Barat tentu pertumbuhan ekonomi akan mudah meningkat.

Masih di tempat yang sama, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Ruhyat Nugraha mengatakan, saat ini pihaknya akan fokus terlebih dahulu kepada persiapan DOB Bogor Barat yang memang seharusnya sudah dicabut oleh Pemerintah Pusat.

“Kita lebih fokus ke persiapan DOB Kabupaten Bogor Barat, intinya saya akan berjuang terus. Saya juga minta kepada masyarakat agar terus berdoa demi kebaikan semuanya,” tutupnya.(***)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.