Jokowi Luncurkan Banpres Produktif Usaha Mikro Rp 2,4 Juta

Jakarta,― Sorottipikor.com | Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro dan kecil di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/8). Pada tahap pertama, bantuan sebesar Rp 2,4 juta itu diberikan untuk 1 juta usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia.

Melalui bantuan itu, Jokowi berharap para pelaku usaha mikro dan kecil bisa kembali bangkit dan produktif dalam menjalankan usahanya di masa pandemi Covid-19.

Jokowi juga menegaskan jika bantuan tersebut bersifat hibah, bukan pinjaman atau kredit. Bantuan itu akan langsung ditransfer ke rekening para penerimanya.

“Banpres produktif ini adalah hibah, bukan pinjaman, bukan kredit. Saya harapkan bantuan ini digunakan betul-betul untuk tambahan modal, untuk menambah barang-barang dagangan,” kata Jokowi.

Diungkapkan Jokowi, para penerima banpres produktif secara bertahap akan ditingkatkan. Jika pada hari ini masih diberikan kepada 1 juta penerima, maka pada akhir Agustus, jumlah penerima bantuan akan naik menjadi 4,5 juta orang. Dan, pada akhir September 2020, penerima bantuan ditargetkan akan meningkat lagi menjadi 9,1 juta pelaku usaha.

“Setelah itu jumlahnya akan ditingkatkan terus, sehingga nanti totalnya ada 12 juta usaha mikro dan kecil yang diberikan banpres produktif sebesar Rp 2,4 juta,” ujarnya.

Jokowi paham betul, bantuan modal sangat diperlukan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil ini. Apalagi di masa pandemi banyak dari mereka yang terkena dampak. Bila sebelum pandemi, omzet usaha yang dikantongi bisa mencapai Rp 1 juta dalam sehari, kini pendapatan itu jadi merosot tajam.

“Saya titip betul agar banpres produktif ini dipakai sebaik-baiknya dalam membantu usaha bapak ibu sekalian. Jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, yang konsumtif,” pesan Jokowi (Rudi)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.