Dinas Kelautan Perikanan Dan Perternakan Kabupaten Cianjur Dukung Program Menteri KPP Untuk Bangun Tambak Udang Modern

Cianjur, — sorottipikor. com l Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Cianjur siap mendukung kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KPP) yang rencananya akan membangun tambak klaster budidaya udang vaname dilahan Perum Perhutani yang merupakan lahan hutan produksi yang klasifikasi tidak baik untuk produktif seluas 4,5 hektar.

Informasi yang dihimpun, pembangunan tambak klaster budidaya udang yang ramah lingkungan iti terdiri dari tandon air, petakan kolam pemeliharaan dan dilengkapi juga dengan petakan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang nantinya akan dijadikan percontohan di provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKKP) Dr.Ir. Parwinia, MMA mengatakan, bahwa dirinya mendukung kebijakan Menteri KKP yang berencana akan membangun tambak klaster budidaya udang vaname dilahan Perum Perhutani.

“Mengingat sumber daya alam (SDA) Cianjur Selatan mempunyai potensi budi daya udang, hal ini didukung dengan bentangan panjang pantai Cianjur sepanjang 75 km, yang membuktikan bahwa Cianjur Selatan memiliki potensi yang cukup besar untuk memanfaatkan nya sebagai lokasi tambak budi daya udang yang modren,” ujarnya Parwinia kepada MetroMediaNews.co saat mendampingi Menteri KKP, Jumat (19/6/2020).

Menurut, dengan adanya pembangunan tambak klaster udang tentunya akan menunjang perekonomian masyarakat.

“Nantinya perekonomian masyarakat akan lebih menggeliat karena udang merupakan komoditas strategis yang diminati dipasar dunia. Selain itu masyarakat terserap menjadi pelaku usaha dinamika masyarakat Cidaun, Sindangbarang dan Agrabinta akan lebih baik,” jelasnya.

Ia menambahkan, potensi di wilayah pesisir Cianjur Selatan masih banyak kawasan yang ruangnya bisa dimanfaatkan untuk pembangunan tambak budidaya udang.

“Yang pada intinya tujuan pembangunan tambak budidaya udang vaname diwilayah Kecamatan Cidaun ditengah-tengah Pandemi Covid19 ini bisa memberikan kontribusi perekonomian yang lebih baik dan maju untuk warga masyarakat Cianjur Selatan,” pungkasnya.

Reporter Arif

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.