Pembelakuan PSBB, Terminal Tipe A Sukabumi Di Hentikan Sementara Operasional Untuk Semua Jurusan

Sukabumi,- sorottipikor. com l Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya berimbas langsung pada operasional Terminal tipe A Sukabumi. Sudah beberapa hari ini, keadaan terminal yang terletak di Jalan Jalur Lingkar Selatan itu benar-benar sepi, tidak ada bus yang datang atau meninggalkan terminal. Biasanya terminal ini sangat sibuk dan melayani 21 jurusan ke berbagai kota.

Kepala Terminal Tipe A Sukabumi, Yukky Rahmat Yunus mengatakan, sejak akhir pekan lalu tidak ada kegiatan pelayanan bus dan penumpang. Terminal tersebut dalam status berhenti operasi untuk sementara waktu.

Pemberlakuan penghentian operasional bus tersebut dilakukan secara bertahap. Tahap pertama untuk bus jurusan Sukabumi-Jakarta diberhentikan sementara sejak 24 April lalu, sementara untuk jurusan Sukabumi-Bandung dan beberapa jurusan lainnya distop sejak 2 Mei.

“Kondisi sekarang di Terminal Tipe A Sukabumi sudah tidak ada aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang untuk semua jurusan,” kata Yukky.

Walaupun tidak ada pelayanan untuk para penumpang, aktivitas di Terminal Tipe A Sukabumi berjalan selama 24 jam. Yukky bersama kru terminal tetap bertugas untuk menjaga aset terminal.

“Kami juga terus melakukan upaya pencegahan Covid-19. Di depan terminal juga masih ada kegiatan pos pam bersama petugas gabungan,” kata dia.

Apabila masyarakat melihat beberapa unit bus yang terparkir di dalam area terminal, itu bukan untuk layanan penumpang. Kehadiran unit-unit bus itu hanya menumpang parkir karena garasinya telah penuh sesak.

“Hampir semua terminal di Jawa Barat tidak ada yang beroperasi, namun pelayanan tetap berjalan selama 24 jam,” tambahnya.

Penghentian operasional bus itu mengacu pada Surat Edaran Gubernur Jawa Barat dan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriyah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Reporter : R iyan mufti

Editor ; Wan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.