Cegah Penyebaran Covid-19 PMI Jaksel Lakukan Sosialisasi dan Penyemprotan Disinfektan.

JAKARTA,– sorottipikor.com l
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan baru-baru ini menggelar sosialisasi dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh fasilitas publik yang ada di seluruh wilayah kota Jakarta Selatan. Hal itu dilakukan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kepala Markas PMI Jakarta Selatan, Drs. Muhammad Adnan saat ditemui dimarkasnya pada Jum’at (27/3-2020), menuturkan bahwa pihaknya menjalankan tugas sesuai instruksi atau kebijakan dari PMI Pusat, serta arahan Gubernur DKI dan juga atas permintaan dari Walikota sebagai Pembina PMI Jakarta Selatan.

Adapun yang menjadi Prioritas untuk kegiatan ini adalah kantor-kantor pelayanan publik, seperti; kantor Kecamatan, Kelurahan, gedung-gedung sekolah, rumah-rumah ibadah, dan lainnya yang terkait pelayanan publik.

“Penyemprotan dan Sosialisasi ini ada prioritas untuk kita, karena dalam hal ini kita membantu pemerintah yakni diprioritaskan untuk kantor-kantor pelayanan publik, seperti; kantor Kecamatan, Kelurahan, gedung sekolah, rumah ibadah, juga yg lainnya,” tutur Adnan.

Lebih lanjut Adnan menjelaskan, sekolah-sekolah khususnya yang di wilayah Jakarta Selatan, juga kantor pelayanan publik lainnya, dapat mengajukan untuk di lakukan penyemprotan disinfektan. Dikatakannya hingga sekarang ini sudah dilakukan sebanyak 161 titik, sejak 15 Maret, dan masih ada 80 titik lagi yang belum.
Sementara, untuk perlindungan, petugas penyemprotan dilengkapi dengan peralatan kerja khusus, termasuk baju pelindungnya (APD). Adnan juga menerangkan mereka yang terlibat juga diasuransikan oleh PMI Pusat, dan sampai saat ini sudah tercatat 100 orang lebih, relawan yg terlibat dalam kegiatan tersebut.

‚ÄúSetelah dilakukan Penyemprotan, kemudian mereka juga memberikan sosialisasi tentang bagaimana cara pencegahan selanjutnya. Antara lain, bagaimana agar menjaga diri supaya tetap sehat. Yakni dengan selalu mencuci tangan, atau berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Adnan.

Adnan juga menambahkan, hari ini PMI Jakarta Selatan akan mendapat tambahan 2 mobil dari PMI Pusat untuk dilakukan penyemprotan out door, juga 2 motor gerobak (moger).

Saat ditanya kesan dan pesan yang ingin disampaikan, Adnan mengaku tanpa adanya dukungan dari PMI Pusat dan Provinsi serta pengurus wilayah, ditambah lagi dengan para relawan, semua ini tentu tidak bisa berjalan. Untuk itu sebagai Kepala Markas PMI Jakarta Selatan, Adnan mengucapkan salut pada mereka yang selalu solid dalam melaksanakan tugas kemanusiaan tersebut.

“Semua ini tentunya tidak akan berjalan tanpa dukungan mereka, maka saya ucapkan salut pada team kita yang selalu solid dalam mengerjakan tugas kemanusiaan ini,” pungkasnya.

Berikut ini adalah schedule yang diperoleh dari
Seksi Organisasi & Komunikasi Markas PMI Kota Jakarta Selatan:

RENCANA PENYEMPROTAN DESINFEKTAN:
Hari/tanggal: Jum’at, 27 Maret 2020.
Jam: 08.00 – Selesai

TIM PENYEMPROTAN INDOOR

TEAM 1
Lokasi kegiatan:

  1. Mts Attahiriyah
  2. SDN Bukit Duri 09
  3. SD Perguruan Rakyat
  4. SMAN 8
  5. Musholla Ar Rahman
  6. SDN Menteng Dalam 11

TEAM 2
Lokasi kegiatan:

  1. Musholla Al Khoir
  2. Musholla Sabilul Huda
  3. SMK Miftahul Fallah
  4. Panti Asuhan dan SLB
    Amal Mulia
  5. SDN Kebayoran Lama
    Utara 13
  6. SMPN 185
  7. MAN 4

TEAM 3
Lokasi kegiatan:

  1. SDN Ragunan 07
  2. SMP Pasar Minggu
  3. SMPN 37
  4. SMPN 56
  5. STIAMI
  6. STIKIM

TIM PENYEMPROTAN OUTDOOR:

  1. Mobil Grand Max 1 unit
  2. Gerobak Motor 2 unit
  3. Mobil tanki air 1 unit
  4. Personel 12 orang

Lokasi kegiatan:
Wilayah Kecamatan Pasar Minggu.
Lokasi penyemprotan desinfektan di tentukan oleh pihak kecamatan

Demikian Rencana Kegiatan ini Dibuat sesuai dengan jadwal kegiatan PMI Kota Jakarta Selatan dalam tanggap pencegahan dan penyebaran COVID-19. (Gusti)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.