Didin Hendrawan, S.E ; Cegah Penyebaran Corona Pemerintah Harus Segera Meliburkan Buruh

PURWAKARTA,– sorottipikor.com l
Anggota DPRD kab. Purwakarta, Didin Hendrawan, S.E dalam keterangan Pers nya, Rabu (25/03-2020) mengaku telah meminta agar pemerintah segera meliburkan para pekerja, dengan tetap membayar upah penuh. Hal itu dikatakannya sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas.

Dikatakannya pula, bahwa telah jelas surat maklumat yg dikeluarkan oleh kepolisian tentang larangan berkerumun dan berkumpul, serta surat edaran dari Gubernur Jawa Barat, serta surat edaran dari Bupati Purwakarta, yang menghimbau masyarakat untuk tidak beraktifitas di luar rumah. Masyarakat dihimbau untuk berdiam di rumah, belajar dan bekerja dari rumah. Hal itu dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Oleh karena itu kami meminta agar pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan pabrik-pabrik atau perusahaan, karena potensi penyebaran virus cukup besar disana,” tutur Didin.

Sejalan dengan himbauan pemerintah agar masyarakat untuk sementara waktu ini tidak berkumpul di satu tempat, Didin menilai himbauan untuk tidak berkumpul tidak akan efektif kalau tidak disertai dengan kebijakan yang lebih konkret. Yakni dengan meliburkan pekerja, namun dengan tetap membayar upah atau melakukan lock down. Karena menurutnya, di Purwakarta terdapat Pabrik dan Perusahaan dengan jumlah yang banyak yang di dalamnya terdapat ribuan pekerja.
sepanjang pabrik masih beroperasi, kerumunan orang akan sulit dihindari. Karena setiap hari para buruh masih harus berdesakan di jalan-jalan umum, angkutan kota, bus jemputan, dan yang bekerja di lokasi dan tempat yang sama.

“Kita bisa melihat melalui media massa dan media sosial, setiap hari masyarakat yang positif Covid-19 terus bertambah.
Sehingga menurut hemat kami meliburkan pekerja menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.
Jangan sampai terlambat. Jangan menunggu korban lebih banyak lagi, baru kemudian memutuskan untuk meliburkan pabrik dan perusahaan,” tegasnya.

Namun demikian, Dindin meminta agar Buruh juga harus siap disiplin, bila nanti diliburkan dan tidak bekerja, buruh harus konsekwen mau untuk berdiam di rumah. Jangan keliaran keluar rumah. Intinya, semua harus peduli dan saling mendukung dalam melawan virus Corona.

“Hal yang tidak kalah penting, di masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini kami juga mendesak pemerintah agar memberikan insentif untuk masyarakat. Terutama untuk menjamin kebutuhan pokok mereka terpenuhi selama berdiam di rumah. Apalagi di masa social distancing ini, banyak yang tidak bisa bekerja sehingga tidak lagi memiliki penghasilan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, terkait dengan tes Corona, pihaknya juga meminta agar rakyat miskin yang didahulukan.

“Masyarakat yang kurang mampu sangat rentan terinfeksi Covid-19. Mereka tidak memiliki cukup uang untuk berobat dan membeli vitamin, atau antibiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya,” pungkas Didin menutup uraiannya kepa wartawan.

Reporter : Opi
Editor : Gost.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *