Ormas Laskar Merah Putih Dan  Manggala Garuda Putih Lakukan Audiensi Ke Disnakertrans

PURWAKARTA,– sorottipikor.com l
Sesuai surat audensi yang pernah dilayangkan oleh Ormas Laskar Merah Putih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi beberpa waktu lalu, hingga akhirnya di terima nya audensi oleh pihak Disnakertrans. Kami menyampaikan beberapa pertanyaan dugaan pungli yang di lakukan oleh beberapa oknum di lapangan yang tidak bertanggung jawab serta seputar perekrutan hingga penempatan tenaga kerja khususnya untuk tenaga kerja lokal,  jangan sampai, warga masyarakat sendiri malah tidak di perhatikan dan terkesan seperti anak tiri serta banyak yang nganggur, padahal dalam aturan Pemerintah sudah jelas jelas harus di prioritaskan, kata Jakaria selaku Ketua Markas Cabang Laskar Merah Putih Kabupaten Purwakarta yang berkantor di jalan Raya Bumi Jaya Indah,Kelurahan Munjul Jaya, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta saat memberikan keterangan nya usai audensi di kantornya, Kamis ( 12/12/2019 ).”

Jakaria menambahkan. Kami menduga dalam proses perekrutan serta penempatan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Purwakarta di duga ada kongkalingkong antara Disnakertrans dan Balai Latihan Kerja ( BLK ). Sebab, dalam proses perekrutan dan penempatan tenaga kerja ke PT.( Sumi Indo Wiring  Sytem ( SIWS ) di duga, hal tersebut telah melanggar Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008 dan di duga ada settingan dari pihak pihak terkait, ucap Jakaria.”

Kami berharap, kepada Dinas Disnakertrans yang memiliki kepentingan khusus nya di bidang perekrutan dan penempatan bagi tenaga kerja, kedepan nya Dinakertrans serta seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Purwakarta agar memberikan keterbukaan informasi publik yang seluas-luasnya berkaitan dengan proses perekrutan kerja dan penempatan kerja di Purwakarta sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Kemudian, Disnaker juga harus mengupayakan dan mencegah agar tidak terjadi praktik-praktik transaksional pada saat proses perekrutan di lapangan yang dilakukan oleh pihak dan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,”tegasnya.

Menurut Sekertaris LMP Marcab Kabupaten Purwakarta Robiansyah Pratama mengatakan. Sesuai dengan temuan dan hasil investigasinya dilapangan, kami menduga bahwa di lapangan di duga kuat adanya dugaan praktik pungli serta ada nya kerjasama secara tertutup dan tidak objektif antara Disnaker, BLK, dan PT. SIWS selama tahapan proses perekrutan tenaga kerja yang dilaksanakan di lingkungan Disnaker.  Sehingga banyak pihak yang merasa dirugikan akibat ulah oknum tersebut.

“Kami meminta kepada pihak Disnaker dan instansi terkait agar dalam proses perekrutan serta penempatan kerja bagi calon karyawan perusahaan bisa lebih terbuka dan transfaran dalam menyampaikan informasi kepada  publik.  Perusahaan mana saja yang akan melaksanakan perekrutan tenaga kerja. Kemudian selama pelaksanaan perekrutan tenaga kerja tersebut diselenggarakan
dari mulai pengetesan sampai penerimaan seharusnya di prioritaskan untuk pelamar kerja lokal atau warga masyarakat Purwakarta,”pungkasnya.” ( Ramaldi / Dan ).”

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *