Bersama Wakil Walikota Tasikmalaya 300 Peserta Lepas 37 ODGJ untuk Rawat di RSMM.

BOGOR, sorottipikor.com l Bertempat di Aula Balekota Tasikmalaya, Jl. Letnan Harun Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, digelar kegiatan akbar pada Pukul 09.00 Selasa, (19/11) Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Se-Kota Tasimkalaya menuju Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dan Indonesia Bebas Pasung Tahun 2019.

300 peserta yang hadir terdiri dari Kesra, Dinkes, Dinsos, TNI, Polri, Satpol PP, Kecamatan, Kelurahan, BRSPDM Phalamarta Kemensos, Poltekes Tasikmalaya, Puskesmas, Keswa, Kader, PSM, TKSK, Linmas, PSC 119 Kota Tasikmalaya , LKS, Relawan, Tokoh Masyarakat, Keluarga ODGJ, tumpah ruah memenuhi lokasi kegiatan yang telah disiapkan panitia, untuk mengikuti acara ceremoni, pemeriksaan ODGJ oleh psikiater dan evakuasi ODGJ Pasung dan ODGJ Non Pasung Berat Se-Kota Tasikmalaya ke RSMM.

Sebagai Kadinkes Kota Tasikmalaya dr. Uus Supangat, menyampaikan, terdapat 745 ODGJ yang terdata di Dinkes, dan terdapat 16 ODGJ Pasung yang saat ini sedang di tangani untuk dilakukan perawatan di RS.Dr.H
Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.
Sementara Irvan Diksan selaku Sekda Kota Tasikmalaya, membuka secara resmi kegiatan dan menyampaikan rasa terimakasihnya untuk RSMM, yang telah memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat Kota Tasikmalaya.

Berhasil dilakukan 37 ODGJ pemeriksaan oleh 14 anggota tim Kesehatan Jiwa Masyarakat yang terdiri dari Psikiater, Dokter, Promkes, perawat jiwa, Tenaga sosial, tenaga administeasi, dll, yang di pimpin oleh dr. Iriawan Rembak Tinambunan, Sp.KJ, sebagai Psikiater RSMM. Dari 37 ODGJ yang ditetapkan sebagai peserta evakuasi, terdapat 13 ODGJ  diantaranya adalah wanita dan 1 ODGJ adalah pasien anak.

Wakil Walikota Tasikmalaya Drs.H. Muhammad Yusuf, meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan ke-37 ODGJ oleh Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa RSMM dan menghadiri diskusi rencana tindak lanjut yang di fasilitasi oleh Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyatakat RSMM, yang menghasilkan beberapa kesepakaden yaitu, akan digelar kegiatan serah terima ODGJ paska rawat RSMM tahap 1 pada hari Rabu, 11 Desember 2019 dan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Se-Kota Tasikmalaya tahap 2 pada hari Kamis, 12 Desember 2019 WIB.

37 ODGJ dilakukan dievakuasi menuju RSMM Bogor dengan menggunakan 1 unit bus dan 3 unit ambulance RSMM dan Dinkes Kota Tasikmalaya, yang di kawal oleh Komunitas Rider Indonesia sampai ke RSMM. (Wenkz)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *