Festival Kudapan Sebagai Ajang Mengangkat Produk Unggulan Lokal Depok

Depok – Sorottipikor.com
Guna mengangkat produk UMKM lokal kota Depok, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koprasi dan Usaha Mikro (DKUM) dan Dinas Perindustrian Perdagangan (Disdagin) menggandeng International Council For Small Business ( ICBS) menyelenggarakan Festival Kudapan Lokal Se-kota Depok.

Pada kesempatan ini, Walikota Depok KH Muhammad Idris mengajak warga masyarakat Kota Depok untuk terus meningkatkan daya saing, daya beli, terutama produk produk unggulan khas Depok. ujarnya kepada Sketsa usai membuka Festival Kudapan bertempat di lapangan parkir Gedung BLP/PBB, (11 Maret 2019) .

Idris berharap melalui festival kudapan yang melibatkan beberapa unsur antara pihak pemerintah kota Depok, akademis dan penguasaha dapat menjadikan ciri khas unggulan Kota Depok lebih dikenal secara luas

Dikatakan Idris, Kudapan lokal ciri khas daerah itu menggunakan bahan yang ada didaerah itu sendiri, semisal kudapan potensi lokal dodol bisa diolah menggunakan singkong. diwilayah Tapos ada yang membuat uli menggunakan singkong bisa dibakar atau goreng itu juga enak, artinya unggulan Depok tidak menggunakan bahan impor namun ada didaerah itu sendiri.

Melalui festival kudapan dapat membangun jaringan dari tingkat kelurahan dan kecamatan sebagai awal seleksi lomba di 11 kecamatan seluruh Kota Depok, dimana nantinya akan muncul produk produk unggulan dan ciri khas Kota Depok akan mendunia.

“Kami akan kolaborasi dengan semua komponen di Kota Depok, dari 55 kudapan lokal ini segera mendapatkan produk unggulan apakah nanti seperti dodol depok atau belimbing depok dan ada batik Kota Depok, dengan sangat berharap depok memiliki ciri khas tersendiri.

Sementara Kepala Dinas Koprasi dan Usaha Mikro (DKUM) sangat sangat senang dengan kegiatan Festival Kudapan yang dilaksanakan secara sinergi dari berbagai pihak.

Menurut Fitriawan, Pemberdayaan dan pengembangan UMKM memang harus dilakukan oleh semua unsur terkait,antara Pemeruntah kota, Akademisi dan Peneliti maupun komunitas usaha.

Tujuan dilaksanakannya Festifal kudapan ini adalah untuk mengangkat produk – produk kudapan unggulan pada tiap 11 kecamatan se-kota Depok.

“Semoga produk-produk tersebut dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi jamuan sehari-hari warga Kota Depok”,ujar Fitriawan.

Sementara H Acep Al Azhari selaku Pembina ICSB kota Depok mengatakan, Acara Festival kudapan kota Depok ini menjadi kegiatan pertama International Council for Small Businessman (ICSB) yang didukung oleh Dewan komunitas Pengusaha Depok, Pemerintah dan juga Media, ujarnya disela sela acara festival.

Dirinya berharap kudapan lokal Kota Depok tahun 2019 ini dari hasil penilaian juri – juri terpilih, bisa menjadi unggulan dan akan dikenal secara luas bagi masyarakat kota Depok dan juga sebagai oleh-oleh khas kota Depok.

“dengan menggandeng ICSB karena memiliki jaringan yang sangat luas dan berharap dapat meningkatkan kesempatan bagi penggiat kuliner UMKM khususnya kudapan lokal, agar tidak hanya dikenal dalam skala lokal kota Depok namun dapat bersaing secara nasional bahkan go internasional”.ujar acep

Dalam acara ini kami juga menggandeng media dan berharapan fungsi media menjadi salah satu pilar yang bisa mensosialisasikannya secara luas, sehingga jika secara terus menerus disampaikan, itu akan muncul sebuah kesadaran untuk menumbuhkan produk masyarakatnya.

“Jika sudah tumbuh kesadaran maka mereka akan membela dan membeli produk masyarakatnya”, ungkap Acep

Dikatakannya Kegiatan ini konsepnya adalah membangun jejaring mulai dari kelurahan dan kecamatan sebagai awal seleksi lomba di 11 kecamatan seluruh Kota Depok, dimana setiap kecamatan mengirimkan 5 wakil produk kudapan lokal unggulan kecamatannya.

Setidaknya ada 55 kudapan lokal yang mengikuti Festival Kudapan Lokal Kota Depok tahun 2019 ini. seluruh proses seleksi dan kurasi melibatkan tim Ekonomi dan Pembangunan disetiap kecamatan dengan dipimpin langsung oleh para camat dan sekcam diseluruh kota Depok.

Dia berharap dari acara festival kudapan ini, ICSB bisa menjadi payungnya pelaku bisnis UMKM di Depok .harap Acep. (Idris)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.