MOU Sudah Terlaksana, PWRI dan Investor Akan Segera Datangkan Team Teknis dari Korea ke Belitung  

Sorottipikor.com
Tanjungpandan, Lakukan pertemuan di ruang rapat Bupati Belitung, secara tatap muka antar PT. Tri Karya Alam(TKA) grup/Investor dan Pemerintah Kabupaten Belitung(Pemkab) serta Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat(Ketum DPP) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Dr. Suriyanto PD., SH., MH., M.kn, menghasilkan kesepakatan hingga penandatanganan MOU kerja sama

Terpantau oleh Awak Media, rapat tersebut di hadiri Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Ketum DPP PWRI Dr(c) Suriyanto PD., SH., MH., M.kn, Ketua Umum Forum UMKM Wahyu Raja Intan, Investor Korea PT. TKA grup Mr. Davit, Dirut BUMD Ajun, Pimpinan PT. Matababel Nusantara Melky, Ketua DPC PWRI Belitung Endi Nomansyah dan beberapa anggota PWRI Belitung lainnya, pada Selasa (12/3/19) kemarin.

Ketum DPP PWRI Dr(c) Suriyanto PD., SH., MH., M.kn menjelaskan kepada awak media sangat mengapresiasi kebijakan Pemkab Belitung untuk Investor.

“Saya sangat menyambut baik atas kebijakan satu atap yang dijalankan oleh pak Bupati dan pak Wabub kabupaten Belitung, Ketua  DPRD Kabupaten Belitung juga Direktur BUMD Kabupaten Belitung. Jadi MOU yang kita laksanakan dalam kunjugan kerja, saya sebagai Ketua Umum PWRI adalah kerjasama peningkatan kualitas perdagangan dibidang kemaritiman yaitu kita akan melakukan kerjasama dengan pengurus para pengusaha dari korea untuk mengekspor hasil laut yang ada di Belitung, kemudian kita juga sudah  berbicara komplit dan juga saya sudah bertemu Bupati secara langsung berikut ketua DPRD dan pak Wabup yang sangat enerjik muda ramatama dan telah menyetujui secara tertulis untuk menjalankan program tersebut,” Pungkasnya, Rabu (13/3/2019).

Ia juga menyebutkan kerjasama pengoprasian pendingin ikan atau cold storage yang lebih di kenal dengan sebutan kastorit yang sudah di bangun oleh kementerian KKP dan dilimpahkan ke Pemda Kabupaten Belitung sudah disepakati bersama dalam waktu dekat yang mana telah didampingi oleh Investor Mr. Davit, didampingi Ketum UKM Indonesia serta akan segera membawa tim teknis dari Korea.

“Mungkin dalam akhir bulan ini kita sudah duduk bersama kembali untuk persentase secara kongkrit dalam pengembangan bidang usaha pengiriman hasil laut keluar negri yaitu ekspor hasil laut yang kerjasamanya akan kita sepakati kemudian secara rinci oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Belitung,” sebutnya.

Sedangkan saat di singgung tentang buruh yang akan diperkerjakan, Ketum DPP PWRI mengatakan akan menyerap para pekerja dari daerah dan hanya mempekerjakan tenaga luar di bagian teknis ahli saja.

“Saya ini orangnya idealis terhadap NKRI jadi saya sudah membuat kesepakataan kepada Mr.Davit sebelum saya dan tim sampai kebelitung ini, bawasanya kami hanya mendatangkan tim ahli, baik tim ahli penangkapan, tim ahli kastorit dan tim ahli matketingnya saja. Kalau untuk pekerja-pekerjanya baik management-managementnya, kita sepenuhnya dari masyarakat daerah itu, sudah saya sampaikan ke Bapak Bupati, saya sampaikan juga ke pak Wabup dan Ketua DPRD, berikut Direktur UKM kita demikian. Dan saya sangat-sangat mengapresiasi Bupati dan jajaranya, karena menyambut baik dan kinerjanya sangat cepat. Ini namanya sistem satu pintu yang disuarakan Presiden itu memang sudah dijalankan dipemerintahan Kabupaten Belitung ini,” tegas Ketum.

Ditempat yang sama selaku Investor Mr.Davit juga ikut apresiasi dan ucapkan terimakasih yang telah mendampingi saat dalam peninjauan kunjungannya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan sangat berapresiasi kepada Dinas Perikanan yang diwakili bapak Susanto dalam peninjauan awal sampai peninjauan akhir kastorit yang pada hari ini, kami sudah melihat kondisi didalamnya yang sudah memadai. Baik itu bagian ruangan dan mesin oprasionalnya,” pungkasnya.

Ia juga mengharapkan dengan langkah yang diberikan jalan ini, semoga apa direncanakan dapat berjalan baik dan  berkepanjangan.

“Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa memberi langkah, memberi kemudahan buat kita sebagai Investor dan buat Pemda kabupaten Belitung serta masyarakat setempat, agar rencana ini dapat berjalan dengan baik, serta rencana ini dapat berjalan dengan panjang dan dapat membuat wadah baru dalam bidang perikanan untuk kita agar bisa di ekspor keluar, baik Kenegri Korea, Jepang dan Cina. Ini pleaningnya semoga Tuhan memberi kemudahan bagi kita semua,” harapnya.Red*(Mst Asep)*.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *